ARTIKEL | PT SINERGY INDOPACK MAKMUR

Efek Packaging atau Kemasan Terhadap Penjualan



Efek Packaging atau Kemasan Terhadap Penjualan

Dalam menjual sebuah produk, ada beberapa hal atau faktor yang mempengaruhi tingkat penjualannya. Salah satu yang biasanya menjadi perhatian para pembeli adalah packaging atau kemasannya. Efek packaging atau kemasan terhadap penjualan terlihat cukup signifikan, mengingat para konsumen pada awalnya akan melihat kemasan tersebut. Jika kemasan terlihat menarik meskipun produk tersebut belum dikenal masyarakat, pastilah akan menarik minat konsumen untuk membelinya. Berdasarkan kemajuan zaman, kemasan telah bermetamorfosis menjadi hal yang dapat dibilang cukup menakjubkan. Berbagai tekhnologi serta inovasi dalam dunia packaging atau kemasan telah berkembang sangat pesat. Hal ini didasari pada persaingan bisnis yang membuat para produsen melakukan inovasi pada kemasannya sehingga lebih menarik minat para konsumen.

 

Desain sebuah kemasan merupakan salah satu pemicu penjualan produk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Hal ini juga berkaitan pada nilai tambah yang dihasilkan oleh kemasan tersebut yakni mampu mempengaruhi emosional para konsumen dan dinilai sangat ampuh. Melihat itu semua, perusahaan – perusahaan pasti memiliki tim desain sendiri untuk urusan kemasan ini. Berdasarkan dari itu semua maka desain kemasan merupakan hal yang sangat penting bagi penjualan sebuah produk. Khususnya unsur – unsur dalam desain kemasan tersebut seperti pemilihan warna, keunikan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pemenuhan unsur – unsur kemasan yang baik dan sesuai dengan produk merupakan hal yang harus diperhatikan agar dapat menambah tingkat penjualan.

 

 

Fungsi Packaging atau Kemasan

Untuk lebih mengerti mengenai efek packaging atau kemasan terhadap penjualan anda harus mengerti terlebih dahulu mengenai fungsi dari packaging atau kemasan tersebut. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari packaging atau kemasan

 

1. Sebagai tempat produk

Fungsi kemasan yang pertama adalah sebagai tempat untuk produk yang ingin dijual. Untuk menentukan besar kemasan tersebut, mengetahui berat serta jenis produk yang akan ditempatkan dalam kemasan merupakan hal yang aling utama. Oleh karena itu, dalam menentukan jenis kemasan yang tepat untuk suatu produk membutuhkan kejelian agar kemasan berfungsi secara maksimal. Beberapa contoh kemasan yang dapat digunakan antara lain berwujud kaleng, kotak, tube, botol atau apa saja yang pada dasarnya harus sesuai dengan produknya. Lalu perhatikan pula bahwa kemasan akan memudahkan dalam pendistribusian serta mampu melindungi produk di dalamnya agar tetap utuh.

 

2. Sebagai identifikasi

Maksud dari identifikasi adalah mengenal produk yang dijual. Pada dasarnya banyak produk lain yang sejenis dan dijual bersamaan dengan produk yang anda miliki. Di sinilah kegunaan kemasan, yakni membedakan produk anda dengan produk lain yang sejenis sehingga para konsumen akan tahu bahwa produk yang ingin dibelinya merupakan produk anda.

 

3. Sebagai alat komunikasi

Packaging atau kemasan secara meskipun bersifat secara tidak langsung, namun dapat dijadikan alat komunikasi dengan para konsumen anda. kemasan tersebut akan menunjukan merk, gambar maupun pesan yang akan menimbulkan rasa ingin tahu para konsumen, petunjuk penggunaan, komposisi produk serta keterangan maupun hal yang lainnya. Jadi pada intinya kemasan tersebut akan memberikan informasi kepada para konsumen yang hendak membeli produk anda

 

4. Memudahkan penggunaan

Kemasan juga berfungsi untuk memudahkan penggunaan atau pemakaian para konsumen yang telah membeli produk anda. kemudahan ini dapat berarti kemudahan saat membuka, mudah mengeluarkan isinya, serta mudah untuk dibawa atau disimpan

 

6. Mempromosikan produk

Kemasan yang menarik, aman serta memudahkan para konsumen untuk menggunakan produk tersebut dapat menambah nilai jualnya. Umumnya produk yang berupa barang konsumsi akan diletakan berdampingan dengan produk pesaingnya saat dijual di swalayan maupun toko. Oleh karena memperbaiki kemasan dapat mempengaruhi efek penjualan produk anda.

 

Cara Meningkatkan Packaging atau Kemasan Produk

Setelah mengetahui fungsi packaging atau kemasan, tentunya anda dapat menyimpulkan atau menemukan cara yang tepat untuk menigkatkan kualitas kemasan anda sehingga memikat para konsumen dan meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan dalam meningkatkan packaging atau kemasan produk anda.

 

  1. Nama produk

Nama produk harus sesuai dengan produk yang ingin anda jual. Nama yang tepat bagi sebuah produk adalah nama yang unik, tidak terlalu panjang, mudah diingat dan berhubungan dengan produk yang anda jual.

 

  1. Informasi

Usahakan untuk memberi informasi yang relevan pada kemasan sehingga menambah tingkat kepercayaan konsumen. Misalnya saja jika anda menjual produk makanan, anda dapat mencantumkan nilai gizi yang tepat dan menyoroti keuntungan para konsumen. Untuk produk yang lain, anda dapat memberikan informasi mengenai kenapa para konsumen membutuhkan produk anda merupakan salah satu informasi yang cukup penting.

 

  1. Warna yang konsisten

Warna merupakan cerminan dari produk yang anda jual meskipun warna kemasan tidak harus sama dengan warna produk tersebut. Yang jelas pemilihan warna yang dapat membuat pelanggan tertarik pada produk anda. Misalnya saja menggunakan warna cerah untuk menunjukan tampilan yang lebih terang atau dengan inovasi lainnya.

 

  1. Identifikasi merk

Pastikan kemasan anda sesuai dengan produk yang anda jual. Identifikasi produk tertentu pada umumnya dilakukan para konsumen dengan melihat kemasannya. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat kemasan yang mudah diingat oleh para konsumen.

 

  1. Kejelasan

Kejelasan merupakan faktor yang paling penting dalam membuat sebuah kemasan. Jangan sampai kemasan yang anda gunakan membingungkan para konsumen karena akan mengurangi tingkat kepercayaan sehingga penjualan produk anda akan terganggu.

 

Itulah sedikit mengenai efek packaging atau kemasan terhadap penjualan produk. Setelah membaca semua keterangan di atas, tentunya sekarang anda mengerti bahwa desain kemasan sangat berpengaruh dalam menarik para konsumen untuk menggunakan produk anda. semoga artikel mengenai efek packaging atau kemasan terhadap penjualan tersebut dapat berguna bagi anda dalam menentukan desain kemasan yang tepat.


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 16 Desember 2015


PRODUK UTAMA KAMI
Penyerap Cairan Pada Makanan (DRI-LOC Absorbent Pads)

Penyerap Cairan Pada Makanan (DRI-LOC Absorbent Pads)

Fungsi :
Penyerap darah dan cairan yang keluar dari daging dan buah.

Kemasan Plastik Khusus (Berbahan Multi lapis)

Kemasan Plastik Khusus (Berbahan Multi lapis)

Fungsi :
Kemasan Sayur dan Daging, Kemasan Makanan Ringan, Kemasan Bahan Cair, Kemasan Kedap Udara

Kemasan Alufoil (Berbahan Lapis Aluminium Foil)

Kemasan Alufoil (Berbahan Lapis Aluminium Foil)

Fungsi :
Kemasan Kopi, Kemasan Kedap Udara, Kemasan Tahan Cahaya

Kemasan Plastik Umum (Berbahan satu lapis)

Kemasan Plastik Umum (Berbahan satu lapis)

Fungsi :
Kemasan Makanan, Roti, Kantong Plastik