ARTIKEL | PT SINERGY INDOPACK MAKMUR

Plastik Masa Depan, Plastik bisa dimakan?



Plastik Masa Depan, Plastik bisa dimakan?

Tempat air minum, kini benar-benar dapat didaur ulang. Lebih tepatnya bisa dimakan, sehingga tidak memenuhi tempat sampah. Gelatin membuat hal itu menjadi mungkin.

Sebuah kantong air telah dikembangkan untuk menggantikan fungsi plastik. Ini merupakan ide yang dianggap cukup radikal dan bisa mengubah dunia.

 

Apa itu “Ooho!”?

Ooho adalah temuan inovatif yang terbuat dari lapisan membran tipis yang dapat dimakan. Teknik pembuatannya dengan cara spherifikasi. Teknik gastronomi molekular, suatu cairan yang dijatuhkan ke dalam larutan alginat, yang kemudian membentuk gel pelindung di sekitar cairan tersebut. Ooho juga dibuat dengan brown algae dan kalsium klorida.

Bagaimana Bentuk dan Proses Produksinya?

Bentuknya mirip plastik, tetapi tampilannya lebih mirip ubur-ubur, atau payudara implan. Global Design Forum di Inggris memberikan penghargaan terkait desain OOho! dalam bagian London Design Festival.

Ooho! diciptakan oleh Rodrigo Garcia Gonzalez, seorang mahasiswa pascasarjana dari Royal College of Art, Imperial College of London.

“Desain ini sebenarnya mencontoh membran alami, seperti lapisan telur. Saya ciptakan menggunakan teknik bernama Spherification,” kata Gonzalez.

Untuk membuatnya bisa dikomersilkan ke pasaran, produk ini membutuhkan banyak peningkatan di sana sini. Mereka harus membuat membran itu lebih kuat agar aman untuk dibawa kemana saja. Mereka juga harus mencari cara agar membran itu bisa dibuka dan ditutup berkali-kali.

Teknik ini sebenarnya sudah diperkenalkan pada tahun 1946 oleh Ferran Adria di Barcelona, Spanyol. Pada waktu itu, dari teknik ini ia membuat zaitun yang berbentuk bulat dan sampai sekarang dapat ditemukan pada banyak restoran dari berbagai negara.

 

Mengapa “Ooho!” Tetap Dikembangkan?

“Saat ini manusia selalu membuat botol plastik, 80% dari plastik tersebut ternyata tidak didaur ulang. Kita hidup dalam masyarakat yang merefleksikan budaya konsumtif,” kata Rodrigo Garcia Gonzalez, seorang co-designer dari Ooho kepada fastcoexist.com (25/04/2014).

Selain dapat dimakan, Ooho juga dapat menghemat ongkos pembuatan botol plastik yang tidak ramah lingkungan. Karena, setiap buahnya, Ooho hanya mengeluarkan biaya sekitar 228 rupiah saja.

 

Seberapa Efektif dampak “Ooho!”?

Walaupun begitu, Ooho memang mempunyai kekurangan. Diantaranya, bagaimana menjaga agar Ooho tetap bersih dan tidak rusak sebelum diminum. Juga bagaimana agar minuman tidak tumpah sebelum diminum.

Tetapi bagaimanapun juga cara ini tetap dapat membuktikan bahwa kita bisa mengurangi limbah plastik yang berbahaya bagi lingkungan.


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 04 November 2015


PRODUK UTAMA KAMI
Penyerap Cairan Pada Makanan (DRI-LOC Absorbent Pads)

Penyerap Cairan Pada Makanan (DRI-LOC Absorbent Pads)

Fungsi :
Penyerap darah dan cairan yang keluar dari daging dan buah.

Kemasan Plastik Khusus (Berbahan Multi lapis)

Kemasan Plastik Khusus (Berbahan Multi lapis)

Fungsi :
Kemasan Sayur dan Daging, Kemasan Makanan Ringan, Kemasan Bahan Cair, Kemasan Kedap Udara

Kemasan Alufoil (Berbahan Lapis Aluminium Foil)

Kemasan Alufoil (Berbahan Lapis Aluminium Foil)

Fungsi :
Kemasan Kopi, Kemasan Kedap Udara, Kemasan Tahan Cahaya

Kemasan Plastik Umum (Berbahan satu lapis)

Kemasan Plastik Umum (Berbahan satu lapis)

Fungsi :
Kemasan Makanan, Roti, Kantong Plastik