Tips Cerdas Dalam Mendesain Kemasan Produk


Tips Cerdas Dalam Mendesain Kemasan Produk

Design Packaging / Desin Kemasan adalah ilmu, seni dan teknik dalam hal membungkus produk atau memproteksi produk untuk memudahkan proses distribusi, penyimpanan, penjualan serta penggunaannya. Packaging / Kemasan juga meliputi proses merancang, mengevaluasi dan memproduksi kemasan. Dengan kata lain, packaging dapat dideskripsikan sebagai sistem yang terkoordinasi untuk mempersiapkan produk agar siap dikirim, disimpan, disalurkan, dipasarkan dan dibeli oleh pembeli pada akhirnya.

 

Okeh viewers, oleh karena itu jangan sembarang dalam mendesain kemasan. Faktor perlindungan, pengawetan serta kualitas dan keamanan pada kemasan produk tersebut juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Selain itu, sebaiknya kemasan pun mencantumkan informasi-informasi yang penting seputar produk tersebut, agar calon konsumen / pembeli paham akan produk yang akan dibelinya. Tidak perlu harus menuliskan deskripsi produk yang panjang, hanya pastikan saja bahwa konsumen dapat mengenali jenis produk apa yang ada di dalam kemasan tanpa perlu membukanya.

 

Tugas yang cukup berat ya viewers? Tapi jangan khawatir dulu viewers, karena dikesempatan kali ini admin kemasansinergy  akan memberikan tips tips cerdas seputar kemasan.

 

1.      Unik dan kreatif

Jika anda mau produk (atau kemasan) anda dilirik banyak orang, buatlah kemasan sekreatif mungkin. Contohlah kemasan sereal sarapan yang sering kali mencantumkan permainan labirin, teka-teki dan lainnya untuk mendorong konsumen untuk membeli produk tersebut.

 

2.      Hati-hati memilih font dan warna

Warna kemasan sebaiknya disesuaikan dengan jenis produknya. Atau, jika perusahaan telah memiliki warna korporat yang khas, boleh juga tuh diaplikasikan pada kemasan. Pastikan bahwa anda menggunakan warna font yang tepat dan kontras. Jangan menggunakan teks oranye pada latar belakang merah atau sejenisnya. Sebagai panduan, buku Color Index bisa digunakan sebagai referensi padanan warna.

 

3.      Pastikan label mudah dibaca

Poin penting untuk para viewer : Label harus mudah dibaca dan dimengerti!

Sebagian besar konsumen membaca dulu informasi seputar produk yang akan mereka beli, karena mereka ingin tahu apa yang mereka beli, dan apakah yang mereka beli itu benar ? Maka, sudah jadi tugas anda untuk memastikan para konsumen bisa membaca informasi yang tercantum pada kemasan dengan baik. Caranya? Ya, dengan memastikan ukuran dan bentuk font serta warna yang membuat label tersebut dapat dibaca dengan mudah.

Okeh Viewers, sekarang sudah sedikit mengertikan bagaimana mendesin kemasan produk anda menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan penjualan produk anda pasti. Btw, ini baru part pertama nya loh, dikesempatan lainnya admin akan share yang part keduanya,

terus cari informasi dan tips tips seputar kemasan produk dan kemasan makanan di kemasansinergy.com.

Don’t Miss It Viewers


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 02 Agustus 2016



Produk Produk PT Sinergi Indopack Makmur