Kemasan Plastik yang Aman Untuk Makanan


Kemasan Plastik yang Aman Untuk Makanan

Plastik Kemasan Makanan ? apakah semua jenis plastik tidak dapat untuk mengemas makanan?

Mungkin itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan dan di pikirkan oleh masyarakat yang awam tentang plastik kemasan yang baik dan aman untuk makanan.

sudah menjadi hal yang umum dikalangan masyarakat bahwa plastik adalah salah satu jenis kemasan yang paling favorit untuk mengemas makanan, oleh karena itu admin kemasansinergy.com ingin berbagi tentang bagaimana memilih kemasan plastik yang aman dan baik untuk mengemas produk makanan.

Viewers pasti sudah tahu salah satu fungsi utama kemasan adalah mencegah masuknya bakteri serta jamur pada produk makanan dan minuman. Namun sering terjadi dikalangan umum khususnya orang awam kurang mengetahui jenis-jenis bahan yang cocok dan baik untuk menyimpan bahan makanan. Dan dalam penggunaannya pun banyak kalangan umum yang sering kali keliru dalam memilih bahan atau meterial plastik tersebut mana yang baik sesuai dengan jenis-jenis fungsinya terlebih dalam membungkus produk yang di pasarkan. Dimana seharusnya tidak boleh digunakan untuk mengemas makanan akan tetapi digunakan untuk mengemas makanan salah satu contohnya adalah plastik kresek, ya plastik kresek sering disalah gunakan sebagai plastik untuk mengemas atau membungkus makanan. padahal ketika kita membungkus makanan panas dengan plastik kresek dapat menyebabkan zat-zat kimia tersebut menyerap kedalam makanan tanpa disadari.

Viewers tahu tidak masih banyak kalangan masyarakat kita yang masih kurang mengetahui dan mengerti bahwa dari masing-masing jenis plastik tersebut memiliki fungsi masing-masing. disini admin ingin berbagi tentang jenis jenis kemasan yang aman dan baik untuk mengemas makanan

Plastik kemasan memiliki beberapa jenis sesuai dengan material atau bahan plastik itu sendiri diantara :

Jenis Plastik Kemasan Pertama adalah Kemasan Plastik Vakum, Kemasan ini berbahan LLDPE+ Nylon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan atau lamanya kadaluwarsa makanan yang dikemas, adanya Barier Nylon udara berfungsi agar kuman dan jamur tidak masuk dan berkembang biak pada makanan tersebut.

Jenis Plastik Kemasan yang kedua adalah Kemasan Plastik Kombinasi yang berbahan Metal OPP dengan tujuan mencegah sinar matahari dan udara masuk kedalam kemasan.

Jenis Plastik Kemasan yang ketiga adalah Kemasan Plastik Kombinasi Aluminium yang jelas memiliki bahan dasar Aluminium Foil dan PET yang bertujuan untuk mencegah udara masuk kedalam kemasan.

Dan Jenis Plastik Kemasan Selanjutnya adalah Jenis Plastik kemasan makanan yang berbahan Super Clear PP yang memiliki fungsi kemasan yang bening sehingga sangat menarik untuk menyimpan makanan. Pouch Super juga hampir sama dengan Super Clear PP bedanya ialah hanya pada bentuknya, namun memiliki fungsi dan tujuan yang sama yakni menjaga kualitas dari produk yang kita kemas

Oke viewer, semoga artikel tentang kemasan makanan yang aman dan baik ini dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan viewers tentang kemasan, admin akan terus share artikel lainnya seputar kemasan modern.

Selamat memilih Plastik Kemasan Makanan yang tepat dan pastinya aman untuk mengemas produk makanan anda.


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 12 Mei 2016