Langkah-Langkah Untuk Mendapatkan Kemasan Produk Berkualitas


Langkah-Langkah Untuk Mendapatkan Kemasan Produk Berkualitas

Menurut Marc Gobe dalam bukunya Emotional Branding (2003), Kemasan adalah iklan setengah detik, oleh karena itu kemasan harus dapat menarik perhatian dan dapat menjelaskan maksud dari produk dan perusahaan anda dalam waktu yang sangat singkat, kemasan sangat berperan penting dalam proses pengenalan produk. Karena kemasan dapat membangun familiaritas dari produk itu sendiri.

 

Kemasan dengan isi produk yang biasa jika dikemas dengan kemasan yang sangat menarik dan unik dapat menaikan minat konsumen kepada produk tersebut. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa kemasan sangat berperan penting dalam meningkatkan minat konsumen terhadap produk anda. Oleh karena itu design kemasan produk harus diperhatikan dengan baik dan dilihat dari berbagai dimensi.

 

Viewers bingung bagaimana langkah langkah membuat kemasan yang menarik dan baik?

 

Kenapa harus bingung, karena pada kesempatan kali ini kemasansinergy.com ingin berbagi tips untuk anda tentang "langkah langkah untuk mendapatkan kemasan produk yang menarik dan berkualitas".

 

 


1. Langkah awal sebelum anda membuat dan merancang design kemasan yang baik adalah menentukan design kemasan yang sesuai dengan identitas merek dan produk anda ( Brand Identity). Kemasan jika kita ibaratkan manusia, maka warna kulit, gaya rambut, dan postur tubuh, akan memberikan gambaran mengenai karakter dan personality seseorang. Sama halnya dengan kemasan, kemasan perlu identitas yang berfungsi untuk mendiskripsikan dengan jelas kepada konsumen baik tentang perusahaan anda maupun tentang produk yang anda kemas.


2. Langkah selanjut nya adalah "Evaluasi Kemasan". Evaluasi kemasan adalah melihat perkembangan pada setiap perubahan perubahan yang terjadi pada design kemasan, baik pada design kemasan produk anda sendiri atau dengan design kemasan produk dari pesaing-pesaing anda. Banyak sekali orang yang memilih dan mendesign kemasan hanya melihat dari segi menariknya saja, tetapi setelah kemasan yang anda pilih dan disebar dipasaran, minat dari konsument tidak meningkat dan hasilnya tidak menghasilkan benefit atau keuntungan seperti yang anda bayangkan. Penyebabnya apa?!, penyebabnya adalah karena tidak adanya perbedaan antara kemasan yang anda design dengan kemasan produk dari pesaing-pesaing anda. Karena jika kemasan produk terlihat sama dengan kemasan produk yang sudah ada, tidak jarang para konsumen lebih memilih produk yang sudah ada sebelumnya. Disebabkan oleh faktor memori yang telah diterima oleh kosumen melalui media media promosi yang dilakukan oleh produk tersebut. Oleh karena itu sangat perlu membuat design kemasan yang terlihat lebih menonjol, unik dan berbeda sehingga dapat memberikan kontras kepada konsumen dan produk-produk pesaing lainnya.

 

3. Setelah Evaluasi Kemasan sudah anda lakukan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah "Meminta kritik dan saran terhadap referensi dari berbagai alternatif kemasan". langkah ini adalah langkah yang relative sederhana. Anda bisa melakukannya dengan cara studi sistematis seperti riset pasar atau sekedar evaluasi internal dengan meminta karyawan anda untuk melihat design kemasan yang anda buat dan meminta karyawan untuk memberikan kritik dan saran terhadap design kemasan produk tersebut.

 


 

gimana viewers?!, Semoga tips dari kemasansinergy.com tentang "langkah langkah untuk mendapatkan kemasan produk yang menarik dan berkualitas" dapat membantu anda dalam menentukan dan membuat design kemasan produk berkualitas.


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 14 Maret 2016



Produk Produk PT Sinergy Indopack Makmur