Mendag Lembong : UKM Kita Lemah di Promosi dan Kemasan


Mendag Lembong : UKM Kita Lemah di Promosi dan Kemasan

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag) Tom Lembong memuji sektor usaha kecil dan menengah (UKM), yang dianggapnya tak mempan dipengaruhi krisis ekonomi. Kendati demikian, menurutnya, pelaku usaha UKM di Indonesia dinilainya punya 2 kekurangan paling besar.

"Saya ingin katakan bahwa ada 2 kelemahan paling besar dari UKM kita. Dan itu yang membuat UKM kita kalah jauh dibanding UKM negara lain, apa itu? Yaitu kurang promosi dan kemasan," kata Lembong ditemui di acara Pameran Produk Dalam Negeri 2015 di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Kedua kelemahan tersebut, menurut Lembong, jadi penyebab UKM dalam negeri sulit berkembang. Bila UKM bisa berkembang, UKM dinilainya kurang bisa bersaing dengan UKM negara lain di pasar ekspor.

"Promosi dan kemasan itu saya titip tolong fokus dibenerin. Secara fundamental, mutu UKM kita sangat meyakinkan, tapi dalam pasar global kita kalah jauh dengan UKM negara lain, yah kurang promosi dan kemasan," ujar Lembong.

Untuk mengatasi dua masalah tersebut, Lembong ingin pameran-pameran untuk UKM diperbanyak pada tahun-tahun mendatang.

"Caranya dengan pameran-pameran. Kalau ada banyak pameran, nanti inovasi juga pasti ikut berkembang, makanya saya mau banyakin (pameran) untuk bikin promosi dan pembuatan desain kemasan yang labih bagus," katanya.


Ditulis Oleh : Hary Sudrajat
Diterbitkan pada tanggal : 14 Desember 2015



Produk Produk PT Sinergy Indopack Makmur