Bahan Kemasan Modern


Bahan Kemasan Modern

Setelah kita pelajari dan paham "Apa Itu Kemasan ?"

Sekarang kita coba untuk mengenal sedikit tentang bahan-bahan kemasan modern, karena hampir semua produsen makanan, minuman, hingga produsen obat-obatan telah menggunakan bentuk kemasan dengan bahan yang cukup modern serta aman.

Ingin tahu bahan apa saja yang dapat digunakan untuk membuat kemasan??..

Yap, chek this out !!

 

 

 

 

Macam-macam Bahan Kemasan Modern :

Kemasan Berbahan Kain Blacu
Pada umumnya bahan kemasan ini digunakan untuk mengemas bahan pangan tepung, seperti tepung terigu atau tepung tapioka. Dibuat dalam bentuk kantung-kantung yang berkapasitas 10 – 50 kg.

 

 

 

Kemasan berbahan Kertas

Pada umumnya media kemasan yang berbahan dasar kertas digunakan untuk mengemas suatu produk yang memiliki sifat kering dan tak mengandung perubahan bentuk yang signifikan. contoh : kopi bubuk, gula, dll.

 

 

 

Kemasan Berbahan Aluminium (Alufoil)

Sifatnya yang kaku dan cukup kuat untuk membungkus aneka produk makanan cair, minyak hingga mentega, sayangnya kemasan ini sangat tidak tahan terhadap cuaca panas, ketika cuaca panas berlebih akan membuat kemasan ini menjadi panas. Aluminium memiliki keuntungan sebagai bahan pengemas, yaitu memiliki berat yang lebih ringan dibanding baja, Lebih dari itu Aluminium lebih tahan korosi karena bisa membentuk aluminium oksida.

 

 

 

 

 Kemasan Berbahan Plastik

Dari semua bahan kemasan yang ada dipasaran, maka PLASTIK adalah bahan kemasan yang menjadi primadonanya saat ini, plastik mempunyai sifat yang sangat fleksibel dan dinamis, namun tetap kuat, beberapa jenis bahan plastik yang biasa digunakan sebagai bahan utama pengemasan antara lain : polietilen, cellophan, polivinilklorida (PVC), polivinil dienaklorida (PVDC), nylon, polietilen tereptalat (PET), Polietilen (PE), Polipropilen (PP), High Density Polyethylen(HDPE), dan masih banyak jenis lainnya yang dapat digunakan sebagai kemasan

 

 

 Karton

Karton sebenarnya merupakan bagian dari kertas namun lebih sering berfungsi sebagai wadah luar atau sebagai penyokong wadah utama dalam pengemasan bahan pangan agar lebih kuat, dan rigid. Karton memiliki kelebihan antara lain elastisitas lebih baik dibanding kayu, dapat dicetak pada permukaannya, pemakaiannya mudah, dan dapat dilipat sehingga tidak memerlukan ruang luas.

 

 

 

 

Ya, demikian sekilas mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk dijadikan sebuah kemasan modern,  tentu setiap bahan mempunyai kelebihan dan kelemahannya sendiri-sendiri, yang penting anda bisa dengan smart memilih jenis kemasan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Oke, semoga bermanfaat






Komentar



Chat