Memahami Tehnik Pengemasan Hampa Udara (Vakum)


Memahami Tehnik Pengemasan Hampa Udara (Vakum)

Pengemasan hampa udara (vakum) yakni tehnik menghilangkan udara dari kemasan plastik vakum sebelum nantinya akan di seal/press. Tehnik ini pun bisa digunakan secara manual maupun otomatis dengan memasukan produk ke dalam plastik vakum, mengeluarkan udara dari dalam plastik vakum lalu menyegelnya atau istilah lain di-seal.

Pengemasan hampa udara memakai plastik vakum mesti disesuaikan juga dengan ukuran yang pas antara bentuk produk yang akan dikemas.

Tujuan utama dari tehnik pengemasan ini biasanya digunakan untuk menghilangkan oksigen dari dalam kemasan plastik vakum, dimana saat oksigen telah hilang membuat waktu kadaluwarsa dari produk akan lebih lama lagi. Penggunaan plastik vakum ini dapat mengurangi ukuran suatu kemasan produk dengan bentuk yang fleksibel.

Produk olahan yang akan di vakum, sebaiknya tidak menggunakan jenis plastik yang sembarangan. Karena ada plastik khusus yang memang diperuntukan untuk pengemasan hampa udara yaitu dengan jenis nylon. Plastik vakum nylon ini mempunyai tingkat elastisitas juga daya kerat yang kuat, sehingga jika nanti plastik nylon di vakum, kemasan akan aman terhindar dari kebocoran.

Harga jenis kemasan plastik vakum nylon relatif lebih tinggi, akan tetapi hal ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh yaitu produk yang awet, fresh, dan higienis. Dan pastinya menambah daya tarik dan keunggulan produk kamu di mata konsumen. Manfaat lainnya dengan produk yang bertahan lebih lama, kamu mampu menekan kerugian akibat produk yang tidak laku terjual.

(baca juga : keunggulan keunggulan kemasan plastik vakum) 

Pengemasan hampa udara akan menghambat pertumbuhan bakteri aerobik dan jamur serta menjaga penguapan komponen volatil. Tehnik ini juga sering diaplikasikan untuk menyimpan makanan kering dalam jangka waktu yang panjang seperti sereal, kacang-kacangan, keju, bakso, sosis, nugget, dan masih banyak lagi.

Dan pada dasarnya pengemasan vakum sangat bermanfaat untuk produk-produk yang tidak bertahan lama seperti buah-buahan, sayuran, daging juga olahan laut.

Pengemasan hampa udara bisa diaplikasikan juga pada produk selain makanan. Misalnya pakaian, guling, bantal, tempat tidur dan komponen elektronik dapat disimpan dengan plastik vakum menggunakan alat vacuum cleaner yang akan menghemat tempat di dalam rumah, namun jenis yang dipakai agak berbeda.






Komentar