Meningkatkan Daya Saing dengan Kemasan.


Meningkatkan Daya Saing dengan Kemasan.

Perkembangan usaha di Indonesia saat ini bisa dibilang cukup berkembang. Bisa dilihat sangat banyaknya produk produk baru yang beredar dipasaran. Dengan ini bisa kita katakan bahwa persaingan pun akan semakin ketat.

 

Bingung bagaimana caranya meningkatkan daya jual?

 

Kali ini kita akan membahas bagaimana peranan kemasan dalam memacu daya saing produk anda.

 

Kemasan adalah menjadi salah satu yang memiliki peran dalam meningkatkan penjualan, karena salah satu fungsi kemasan adalah sebagai sarana komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label design yang terdapat pada kemasan.

Oleh karena dari itu kemasan yang dibuat dengan menarik akan memberikan pesan dan kesan yang berbeda kepada calon konsumen yang membuat calon konsumen tertarik dengan produk kita. Tapi sayangnya, saat ini masih banyak para pelaku usaha yang mengesampingkan pernanan kemasan. Padahal akan banyak keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan kemasan yang menarik.

Pentingnya inovasi dan desain kemasan ini pernah dikemukakan dalam pelatihan manajemen yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Saat ini hal yang paling pertama kali di perhatikan konsumen untuk adalah melihat dulu kemasannya, kemudian rasa dan bentuknya karena kemasan yang tampak secara nyata. Hal itu jelas harus menjadi fokus perhatian khususnya bagi para produsen kemasan untuk menampilkan desain-desain yang menarik dan menjual untuk produk.

Banyak kemasan produk yang tidak standar, seperti tidak memenuhi aspek estetika atau keindahan, ergonomis atau mudah dipegang, dan faktor keamanan produk.

Kemasan produk makanan masih banyak dibuat apa adanya, tidak ringkas, dan tidak sedikit yang menggunakan kemasan yang berbahaya atau tidak aman untuk mengemas makanan, ini semua dikarenakan kurangnya edukasi dan pengetahuan seputar kemasan makanan yang baik.

Tidak sedikit para pelaku UKM yang enggan untuk membenahi kemasan disebabkan masalah biaya dan mereka tidak tahu harus mencari ke mana untuk membuat kemasan yang lebih bagus dan aman untuk mengemas produk makanan mereka.

PT Sinergy Indopack Makmur adalah salah satu supplier kemasan terbesar yang mampu memberikan pelayanan seputar kemasan untuk para pelaku usaha, kami juga akan membantu memberikan informasi tentang kemasan yang baik untuk mengemas produk anda.

 

Starategi Pemasaran Melalui Kemasan

Seperti yang sebelumnya kami sampaikan, kemasan merupakan media pemasaran dalam menginformasikan produk. Pada kemasan terdapat beberapa informasi yang sangat mendukung bagi orang yang pertama kali melihatnya seperti rasa, berat, waktu kadaluwarsa dan informasi lainnya.

Sebelum kita menggunakan kemasan sebagai media dan strategi pemasaran, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ciri-ciri desain kemasan produk yang bisa menjual yaitu :

1. Bisa menimbulkan daya tarik bagi konsumen karena bentuknya yang berbeda.

Tidak perlu membuat desain kemasan produk yang mahal , yang penting kemasan anda dapat menimbulkan rangsangan bagi konsumen untuk membuat pertimbangan membeli produk anda.

2. Langsung mengenai persepsi pembeli.

Artinya desain kemasan produk yang dibuat harus langsung dapat ditangkap maksudnya oleh konsumen tanpa harus berpikir terlalu lama.

Misalnya jika produk tersebut adalah kecap, maka isi kecap harus tampak menonjol pada desain kemasan produknya. Sehingga begitu konsumen lihat produk tersebut, mereka langsung mengenali bahwa produk tersebut adalah kecap, bukan jamu.

Memang kemasan kini disadari oleh produsen bukan lagi hanya memiliki fungsi melindungi dan membungkus produk. Persaingan produk yang semakin ketat di pasar mengharuskan produsen untuk berfikir keras meningkatkan fungsi kemasan untuk dapat memberikan daya tarik kepada konsumen melalui aspek artistik, warna, grafis, bentuk maupun desainnya.

Banyak konsumen yang membeli secara sadar akan suatu produk karena tertarik pada suatu produk karena alasan warna, bentuk dari kemasan. Belum lagi konsumen yang membeli karena impulse buying, gara-gara menariknya desain, atau bentuk kemasan suatu produk. Sehingga kemasan menjadi sangat efektif untuk mendorong konsumen membeli suatu produk.

Melalui kemasan produk tersebut kesan (image) produk juga dapat dibentuk misalnya image sebagai produk yang kokoh, awet, mewah atau tahan lama. Sehingga konsumen akan memilih produk tersebut karena sesuai dengan syarat yang akan dibeli misalnya produk yang tahan lama, tidak mudah rusak dan terjaga kualitasnya.

Konsumen seringkali membeli suatu produk tidak untuk segera dikonsumsi tetapi untuk persediaan, sehingga ia membutuhkan produk yang terlindungi secara baik isinya, dari kerusakan, berkurangnya isi dan pengaruh cuaca.

Dari sisi distribusi, kemasan juga memegang peranan penting karena dengan kemasan produk akan mudah disusun, dihitung, ditangani dan disalurkan secara lebih baik dan cepat. Kemudahan dalam distribusi menjadikan kemasan didesain tertentu dan dengan ukuran yang mudah untuk dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lainnya. 


Sumber :

http://www.makassarpreneur.com/index.php?option=com_content&view=article&id=222:memacu-daya-saing-umkm-melalui-desain-kemasan&catid=28:seputar-ukm&Itemid=69






Komentar