4 Hal yang Menjadikan Plastik Vakum Cocok Untuk Kemasan Makanan


4 Hal  yang Menjadikan Plastik Vakum Cocok Untuk Kemasan Makanan

Industri makanan yang semakin beraneka ragam membuat para pengusaha harus pintar pintar memilih kemasan apa yang menarik dan bisa membuat produk laku keras di pasaran.

Namun, kemasan makanan haruslah aman dan tidak menimbulkan masalah ketika terkena langsung dengan produk dan saat dikonsumsi orang.

Wadah atau kemasan yang digunakan harus dapat menjaga kualitas dan meningkatkan umur simpan produk tersebut.

Plastik Vakum adalah jenis kemasan yang aman untuk produk makanan. Bahan pada plastik vakum tidak akan bereaksi terhadap zat kimia pada makanan sehingga terhindar dari bahaya keracunan.

Beberapa hal yang membuat plastik vakum banyak digunakan sebagai standar kemasan makanan dan yaitu:

1. Keamanan produk

Plastik vakum mampu melindungi makanan dari kontaminasi atau masuknya bahan berbahaya yang dapat merusak keutuhan produk. Misalnya melindungi dari bahan kimia, pecahan kaca, kayu, asap polusi dan hal lain yang mengancam turunnya mutu produk. Plastik vakum juga melindungi produk dari pertumbuhan bakteri pembusuk yang menimbulkan keracunan, kesakitan bahkan kematian ketika makanan itu dikonsumsi.

 

2. Fungsi Distribusi

Makanan siap saji yang dikemas dengan plastik vakum akan lebih mudah dibawa karena ringan dan hemat tempat. Selain itu, bahannya yang tebal dan kuat akan menjaga produk dari kerusakan akibat benturan atau gesekan saat proses pendistribusian berlangsung.

 

3. Fungsi Pemasaran

Kemasan merupakan media untuk memperkenalkan merek suatu produk dan menyampaikan informasi terkait dengan komposisi produk dan keunggulan yang dimiliki suatu produk. Plastik vakum dapat dicetak desain gambar, logo dan tulisan agar pembeli mudah mengingat makanan yang dibeli. Bahkan, ada beberapa pengusaha yang menekankan bahwa kemasan itu merupakan daya tarik bagi konsumen melebihi produk yang ditawarkan itu sendiri.

 

4. Meningkatkan Nilai

Produk yang dikemas plastik vakum akan memiliki nilai jual lebih tinggi. Kesegaran dan rasa makanan akan terasa seperti baru selesai dibuat berkat perlindungan hampa udara yang mencegah bakteri untuk hidup dan berkembang di dalam kemasan.






Komentar