Ini Dia Fungsi dan Kelebihan Plastik Kemasan Vakum


Ini Dia Fungsi dan Kelebihan Plastik Kemasan Vakum

Plastik vakum adalah salah satu jenis plastik yang umum digunakan untuk mengemas atau membungkus berbagai jenis makanan.

Biasanya kemasan plastik vakum dibuat untuk mengemas macam macam produk seperti : makanan ringan atau snack, berbagai makanan beku, bahan makanan yang bisa diolah kembali yaitu buah, sayuran, daging, ikan dan lain-lain.

Makanan yang sifatnya olahan, biasanya tidak dapat bertahan lama dan bisa cepat kadaluwarsa. Karena itu, sebagian produsen makanan menggunakan bahan pengawet pada produk makanan yang mereka pasarkan. Namun perlu di ingat kalau tidak semua bahan pengawet aman untuk dikonsumsi bahkan masuk kategori berbahaya.

Dengan perkembangan zaman yang sudah modern, hadirlah teknologi pengemasan vakum makanan yang menjadi alternatif terbaik untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet.

Cara kerjanya cukup gampang, tinggal memasukan produk ke dalam kemasan plastik vakum lalu menggunakan mesin vakum (vacuum sealer) untuk menyedot semua udara dari dalam kemasan sebelum disegel / diseal. 

Keuntungannya jika produk makanan menggunakan kemasan plastik vakum antara lain: 

 

Lebih Tahan Lama Dan Lebih Rapi

Makanan akan lebih mudah basi dan kadaluwarsa jika terlalu banyak udara di dalamnya. Sebab mikroorganisme akan cepat berkembang dengan adanya oksigen di dalam kemasan. Makanan seperti daging dan olahan seafood biasanya dikemas dengan metode pengemasan vakum seperti ini.

Tujuannya untuk mengurangi kadar bunga es pada produk-produk saat dimasukkan ke dalam freezer dan juga memperkecil kerusakan komposisi gizi dan kontaminasi bakteri yang sangat merugikan.

Sehingga tetap menjaga kualitas serta kesegaraan produk dipasaran. Pengemasan dengan menggunakan plastik vakum juga membuat makanan tampak lebih rapi dan praktis, dengan demikian meningkatkan nilai jual dari produk makanan itu sendiri.

 

 

 

Harga Biasa Namun Kualitas Luar Biasa

Soal harga plastik vakum cukup terjangkau dipasaran tergantung dari ukuran dan ketebalan yang disesuaikan oleh jenis produk makanan. Makanan yang dikemas dengan plastik vakum antara lain adalah makanan olahan beku seperti nugget, bakso, sosis. Karena disimpan dalam suhu yang rendah diperlukan kemasan yang cukup kuat dan tebal.

Meskipun jika dibandingkan dengan kantong plastik biasa, harga plastik vakum memang lebih tinggi sedikit. Namun jika kita pikirkan kembali, hal ini sangat berguna untuk investasi jangka panjang karena terbayar dengan kualitas makanan yang semakin meningkat dan tentunya lebih sehat karena tidak perlu lagi menggunakan bahan-bahan pengawet.

 

Hemat Waktu Dan Tempat

Tidak hanya makanan olahan saja, plastik vakum juga bisa digunakan untuk mengemas sayuran dan buah buahan. Jenis dan bentuk plastik vakum juga beragam, disesuaikan dengan produk yang akan dikemas. Untuk usaha rumahan, sebaiknya menggunakan plastik vakum yang kecil agar tidak memakan banyak tempat. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah waktu pengemasan yang singkat dan mudah untuk dilakukan.

 

Bagi Anda produsen produk makanan ringan/cemilan, frozen food, daging, buah, sayuran dan lain lain yang ingin produknya bisa bersaing dipasar dengan keuntungan dari kemasan plastik vakum.

Kemasan Sinergy adalah pilihan terbaik untuk Anda karena kami menyediakan kemasan plastik vakum bermutu tinggi dan telah teruji kualitasnya yang bisa kamu pesan sekarang juga melalui kontak yang tertera dibawah.

Kami menantikan untuk dapat membantu Anda  :)






Komentar



Chat