Kenali Sebelum Menggunakan Plastik Vakum (Vacuum Bag)


Kenali Sebelum Menggunakan Plastik Vakum (Vacuum Bag)

Pertama, kualitas kemasan Plastik Vakum (Vacuum Bag)

Mengenai kekuatan kemasan plastik vakum atau vacuum bag mempunyai daya tahan dan kekuatan yang apik karena salah satu bahannya adalah nylon yang dikenal tebal dan bersifat kerat sehingga kemasan tidak mudah rusak / lecet. Saat proses memvakum atau menghampakan kemasan menjadi kedap udara, dengan menggunakan mesin vakum (Vacuum Sealer), plastik vakum tidak akan rusak atau jebol akibat daya hisap dari mesin vakum. Tetapi ada juga kemasan plastik vakum (vacuum bag) yang beredar di pasaran menggunakan material/ bahan yang rendah.

Vacuum bag tanpa kualifikasi tidak dapat berperan dalam melindungi keamanan dan kesehatan makanan. Pada saat bersamaan tidak mendukung untuk penyimpanan dan pengiriman makanan. Bagi konsumen awam, vacuum bag makanan tanpa kualifikasi akan menciptakan zat beracun yang lalu terkontaminasi dengan makanan, sehingga menyebabkan kerusakan pada kesehatan, oleh karena itu proses produksi vacuum bag harus dilakukan dengan pengawasan mutu yang ketat.

 

Kedua, makanan apa yang cocok untuk Plastik Vakuum (vacuum bag)

Tidak semua jenis makanan cocok dipakaikan vacuum bag, contohnya makanan – makanan yang mudah hancur, tidak perlu menggunakan tas vakum untuk dibungkus. Untuk produk – produk yang tidak tahan lama atau mudah membusuk seperti olahan daging, buah dan sayur sangat cocok menggunakan kemasan plastik vakum karena membuat kedap udara, sehingga tidak adanya proses oksidasi atau perkembangan oksigen akan ditekan sedemikian rupa sehingga bakteri akan berkembang biak jauh lebih lama dibandingkan proses oksidasi alami. Karena bakteri berkembang tanpa proses suhu ruangan yang akan menyebabkan proses pembusukan berjalan lebih lama sehingga membuat produk yang dikemas akan tahan lama atau memperpanjang masa masa pakai produk. Untuk produk - produk cair seperti susu cair juga perlu menggunakan vacuum bag untuk bisa bertahan lama.

Vacuum bag juga bisa digunakan sebagai kemasan produk non makanan, seperti produk elektronik juga produk pakaian dan produk semacam itu tidak memerlukan vacuum bag yang memiliki kualifikasi tingkat kesehatan.






Komentar