Perbedaan Aluminium foil dengan Metalize Sebagai Kemasan


Perbedaan Aluminium foil dengan Metalize Sebagai Kemasan

Masih banyak diantara kita yang mengira bahwa kemasan dengan warna perak (silver) selalu identik dengan kemasan berbahan aluminium foil. Padahal kemasan dengan berwarna perak (silver) tidak hanya aluminium foil. Tapi ada juga kemasan yang memiliki warna perak (silver) dengan menggunakan bahan  namanya metalize. Dan apa perbedaan diantara kemasan alufoil dengan kemasan metalize?

Jika kita lihat sekilas, bahan kemasan alufoil dan metalize memang hampir mirip. Umumnya kemasan alufoil digunakan pelaku usaha untuk mengemas produk olahan kopi,  teh, susu, cokelat, keripik, dan produk makanan lainnya yang pengemasannya membutuhkan perlindungan khusus. Baik perlindungan dari sinar matahari, kelembaban, dan kemungkinan masuknya oksigen.

Sedangkan kemasan metalize umum digunakan untuk mengemas makanan ringan yang tidak memerlukan perlindungan ekstra dan produk yang tergolong fast moving, atau produk yang beredar cepat dipasaran.

Agar teman - teman disini tak salah dalam memilih kemasan produk berbahan alufoil dengan metalize, coba perhatikan dengan baik, apa saja perbedaannya dan kelebihannya!

 

Kemasan Aluminimun Foil

Jika dilihat. warna silver pada alumunium foil tidak terlalu mengkilap / glossy, dan jika diterawang dengan cahaya terang bahan kemasan alufoil ini tidak tembus pandang.

Pada umumnya kemasan berbahan aluminium foil dijadikan sebagai alat pembungkus produk untuk makanan atau minuman yang harus dijaga aroma atau kerenyahannya. Karena, kemasan berbahan aluminium foil termasuk dalam kategori kemasan kedap udara.

Tapi, pada umumnya kemasan berbahan aluminium foil ini jarang digunakan sendirian karena sifatnya mudah keriput dan mudah patah, sehingga diperlukannya bahan kemasan tambahan lain seperti PP, PET, LLDPE, atau yang lainnya, untuk memperkuat kemasan berbahan aluminium foil tersebut.

Sifatnya yang kedap udara membuat kemasan berbahan aluminium foil sering digunakan untuk produk-produk yang memang dikemas untuk  melindungi produk dalam jangka waktu panjang, contohnya seperti keripik buah agar awet kerenyahannya, susu bubuk agar tidak mudah menggumpal, kopi bubuk agar tidak hilang aromanya, dan lain-lain.

Tampilannya yang elegan serta memberikan perlindungan yang sempurna terhadap kelembaban, oksigen dan ultra violet, membuat harga kemasan berbahan aluminium foil terbilang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan bahan kemasan lainnya.

 

Kemasan Metalize

Berbeda dengan kemasan berbahan aluminium foil , umumnya kemasan metalize memiliki corak warna perak atau silver yang sangat mengkilat dan ketika diterawang pada cahaya terang masih bisa tembus cahaya.

Dan pada dasarnya kemasan berbahan metalize ini dapat digunakan untuk mengemas makanan ringan berkadar pati tinggi. Tidak seperti kemasan berbahan aluminium foil yang kedap udara, material metalize sebenarnya cukup melindungi produk didalamnya dari sinar ultraviolet, kelembapan maupun oksigen, tapi dengan rentan waktu yang tidak selama dengan kemasan berbahan aluminium foil.

Jika dilihat dari tampilannya, kemasan berbahan metalize tidak kalah bersaing dengan kemasan berbahan aluminium foil. Bahkan bahan metalize ini seringkali dijadikan bahan alternatif bagi pelaku Industri rumahan atau UKM yang mencari kemasan kedap udara dengan budget minim. Karena, kemasan berbahan metalize ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan kemasan berbahan aluminium foil.

 

Artikel tersebut telah menceritakan beberapa perbedaan antara kemasan berbahan aluminium foil dengan metalize. Semoga bisa membantu teman - teman dalam menentukan bahan kemasan yang bagus dan cocok untuk usaha teman – teman ya..

Percayakan kepada kami mengenai kebutuhan Anda untuk kemasan aluminium foil atau kemasan metalize yang berkualitas dan di jamin ke originalannya. Jangan ragu konsultasikan kepada kami mengenai kemasan terbaik bagi produk Anda. 






Komentar