Perlukah Anda Mengubah Kemasan Produk?


Perlukah Anda Mengubah Kemasan Produk?

Persaingan yang semakin ketat dalam industri makanan dan minuman, produk-produk kecantikan, dll, membuat para pengusaha di bidang ini harus cermat dalam melakukan inovasi produknya. Salah satu cara dilakukan oleh pengusaha adalah dengan melakukan perubahan pada kemasan.

 

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan pengusaha atau produsen mengubah kemasan produknya :

1.    Siklus Hidup Produk

      Bukan hanya makhluk hidup saja yang mempunyai siklus hidup, suatu produk pun mempunyai siklusnya tersendiri. Ibarat seperti makhluk hidup lainnya, produk juga memiliki permulaan, lalu berkembang mengalami tren kenaikan hingga menjadi produk yang maturity (dewasa) artinya pada fase ini produk sedang pada masa terkenal-terkenalnya.

Namun saat masyarakat sudah jenuh dengan suatu produk, maka masyarakat akan meninggalkan produk tersebut dan tak membelinya lagi, hingga akhirnya produk tersebut mengelami tren penurunan hingga hilang dari pasaran.

Banyak perusahaan mencoba untuk terus bertahan di fase maturity tersebut lebih lama lagi dengan berbagai strategi dan inovasi, salah satu bentuknya dengan mengganti kemasan produk agar produk tersebut terlihat seperti baru dan para konsumen tak jenuh untuk membelinya.

 

2.    Konsumen

     Tak dapat diragukan lagi bahwa produk yang ada di pasaran tetap eksis karena adanya konsumen, dengan adanya strategi mengganti kemasan produk yang dilakukan oleh perusahaan, ketika kemasan suatu produk itu lebih bagus lagi dari kemasan produk sebelumnya, maka konsumen akan tertarik untuk membelinya.

Seberapa bagus apapun produknya tanpa ada pengemasan yang baik, maka produk perusahaan tersebut bisa kalah saing dengan produk kompetitor yang memiliki kemasan yang lebih baik, karena kemasan produk bisa menambah citra bagi produk tersebut. Semakin baik pengemasannya, semakin baik juga citra suatu produk di mata konsumen.

Selain itu, kemasan produk terkadang harus mengikuti selera konsumen setiap waktunya, desain kemasan produk harus selalu diperbaharui agar tidak ketinggalan zaman. Desain yang dibuat harus didesain semenarik mungkin agar bisa relevan dengan target pasar konsumen di zaman sekarang.

 

3.    Kompetitor

     Adanya Kompetitor membuat suatu perusahaan harus berpikir keras agar bisa bersaing dalam memasarkan sebuah produknya. Persaingan pasar sangatlah lazim terjadi, setiap perusahaan berusaha menciptakan produk yang terbaik dan mengemasnya sebaik mungkin. Dengan mengubah kemasan produk lebih menarik lagi bukan tak mungkin bisa mengalahkan produk kompetitor.

 

4.    Strategi dan Inovasi Perusahaan

     Inovasi merupakan salah satu nyawa bagi perusahaan, tanpa adanya inovasi perusahaan bisa kalah saing dengan perusahaan lainnya. Banyak produk yang dulunya "Booming" kini seakan hampir tak ada kabarnya lagi sebagai contohnya produk capuccino cincau dan tahu bulat, tanpa adanya inovasi produk kini namanya tak lagi beken seperti dulu di masyarakat. Namun berbeda dengan produk perusahaan besar, nama produknya selalu diingat oleh masyarakat hingga kini mulai dari air minum hingga produk mie instan. Pergantian kemasan produk merupakan salah satu dari strategi dan inovasi perusahaan.

 

Lalu..Apa sih Keuntungan Mengubah Kemasan Produk???

 

     Setiap perubahan pasti ada sesuatu yang baru, jika Anda mengubah kemasan tentu saja Anda bisa meraih konsumen yang baru. Dengan begitu, pelanggan lama tetap setia, kini mulai muncul konsumen baru yang berhasil Anda dapatkan berkat mengubah kemasan lebih menarik. Apa lagi ditambah dengan harga yang bersaing akan menambah nilai plus untuk produk Anda. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mengupgrade tampilan produk sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

     Kadang kala banyak produsen yang kurang yakin dengan hal ini karena kebanyakan pelaku usaha berfikir kemasan pertama lebih mudah diingat. Anda salah! Tidak kenal, maka tidak sayang! Untuk itu, diperlukan promosi untuk memperkenalkan kemasan baru Anda. Lakukan promosi yang akan dengan mudah diingat oleh konsumen. Dengan tampilan kemasan baru yang menarik ditambah promosi, produk Anda akan dengan mudah diingat kembali oleh konsumen.

 

     Bagaimana Anda ingin mencobanya?

 

Kesimpulannya adalah bila Anda sudah siap, artinya jika orderan produk Anda sudah cukup banyak dan ingin mengubah kemasan boleh saja. Malah sangat dianjurkan untuk meningkatkan target pasar Anda. Namun tetap pertahankan kapasitas kemasan, kenyamanan, dan ketahanan kemasan itu sendiri dan tak kalah penting adalah harganya. Jangan sampai dengan mengubah kemasan malah membawa bencana untuk kelancaran usaha Anda.

 

Selamat mencoba!!

 

Sumber :

-     https://www.kaskus.co.id/thread/5a99216c5a51630e368b4567/mengapa-kemasan-produk-produk-terkenal-suka-berubah-ubah/.

-     http://goukm.id/mengubah-kemasan-mempengaruhi-penjualan/.

 






Komentar



Chat