Tips Pengemasan untuk Produk Frozen Food


Tips Pengemasan untuk Produk Frozen Food

Kesempatan kali ini kami akan membahas kemasan yang baik dan aman untuk Frozen Food atau makanan beku. Seperti yang kita ketahui, Frozen Food adalah olahan makanan yang sengaja dibekukan yang berfungsi untuk mengawetkan makanan hingga siap untuk dimakan.

Hal yang paling penting  bagi kemasan adalah:

1. Menjaga keamanan produk yang dikemas (melindungi dari kontaminasi berbahaya, debu, kotoran dan bakteri), plastik dapat di vakum (vacuum bag)

2. Praktis dan memberikan kemudahan untuk dibawa (distribusi)

3. Fungsi pemasaran (iklan gratis, image)

 

Rekomendasi plastik kemasan yang cocok untuk Frozen food, yaitu:

>   Plastik Vakum (Vacuum Bag)

Plastik Vakum atau vacuum bag sangat baik untuk mengemas olahan frozen food karena plastik vakum bersifat kedap udara yang berfungsi untuk memaksimalkan ketahanan dari produk makanan yang dikemas. Sehingga produk akan tetap dalam keadaan masih berkualitas tinggi dan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen karena makanan benar - benar masih fresh atau eatable. Mengemas Frozen Food dengan sistem vakum yang menggunakan mesin vakum ini juga membuat umur simpan makanan lebih panjang. Kelebihan dari plastik ini memiliki penyimpanan yang sangat kuat dan tidak mudah sobek/pecah walaupun dalam kondisi beku.

 

>   Plastik Multilayer (PLASTIK OPP + LLDPE)

Plastik kemasan berbahan PLASTIK OPP + LLDPE memiliki daya penyimpanan yang kuat walaupun tidak sekuat plastik vakum atau vacuum bag. Plastik OPP + LLDPE cocok untuk mengemas produk yang akan di bekukan / frozen. Kelebihan dari plastik ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan plastik vakum / vacuum bag.

 

Tips menyimpan dan mengawetkan Frozen Food:

1. Supaya memiliki masa tahan yang panjang makanan yang sudah diolah harus disimpan di suhu dingin 0-10°C dan beku suhu -18°C.

2. Di dalam kulkas frozen food  dalam kondisi vacuum atau kedap udara bisa bertahan 3-5 hari dan di suhu beku bisa bertahan sampai 6 bulan.


Agar memperoleh hasil yang terbaik saat menyimpan makanan harus dalam kondisi terkemas rapat. Jika tidak sempat mengemas hari itu makanan sebaiknya dimasukkan dalam wadah tertutup (tupper ware atau kantong plastik) sehingga terhindar dari kekeringan (injury burn).






Komentar



Chat